Menu

Kamis, 19 Mei 2016

TANAMAN HERBA LEMPUYANG







LEMPUYANG.
    Negeri Indonesia sangatlah kaya akan rempah2 dan tanaman2 herbal yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, salah satunya adalah tanaman  lempuyang.
Tanaman lempuyang dengan mudah di temukan di sudut2 kampung khususnya di pulau jawa, meskipun tanaman ini pada umumnya di biarkan tumbuh liar di pekarangan rumah penduduk.
Daun Lempuyang : Berbentuk mata lembing atau bulat memanjang, ujung runcing dan pangkal mengecil. Batang berupa batang semu, terdiri dari helaian kelopak daun yang saling membungkus, dan rimpang ( Umbi) berukuran besar, dan daging lempuyang berwarna kuning pucat, rasa lempuyang wangi tajam dan berbau harum, sedangkan rasa lempuyang pahit tajam dan pahit di lidah dengan bau yang tidak kuat.
Bunga majemuk tumbuh dari dalam tanah dari rimpang, berwarna merah. Lempuyang dapat tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian 0-1200 m. dpl. Pengembangbiakan Lempuyang  dapat diperbanyak dengan menanam rimpangnya. Rimpang yang cukup tua ditumbuhkan dahulu akar dan tunasnya, baru dipindah di pekarangan. Selain itu perbanyakan dapat dilakukan dengan pemisahan anakan.


Kandungan pada Tumbuhan Lempuyang:
Tumbuhan lempuyang mempunyai beragam manfaat karena beberapa kandungan didalamnya yang baik jika diserap oleh tubuh. Bahkan pada umumnya kandungan yang terdapat pada rimpang lempuyang dijadikan bahan utama pembuatan obat tradisional karena mengandung zat anti kejang dan dapat digunakan untuk meredakan demam tinggi. Berikut kandungannya:
  • Jumlah Kandungan Minyak astsiri pada Lempuyang = 0,62 %
  • Jumlah Kandungan Kadar Air pada Lempuyang = 9,39 %
  • Jumlah Kandungan Kadar pati pada Lempuyang = 52,14 %
  • Jumlah Kandungan Kadar Serat pada Lempuyang = 10,76 %
Selain beberapa kandungan diatas, terdapat penjabaran mengenai beberap zat atau komposisi yang terkandung pada minyak atsirin yang terdiri dari:
  1. A-kurkumen
  2. Bisabolen
  3. Zingiberen
  4. Kariofilen
  5. Seskuifelandren
  6. Zerumbon atau zat anti kejang
  7. Limonen atau wangi alami yang bersifat karminatif
  8. Saponin
  9. Flavonoid kamfer
  10. Zat pedas gingerol
  11. Sogaol
  12. Zingeron
  13. Paradol
  14. Heksahidrokurkumin
  15. Dihidrogingerol                                                                                                                                       

Lempuyang merupakan salah satu tanaman rempah – rempah yang kaya akan manfaat. Selain dikenal sebagai bahan utama pembuatan obat tradisional bahkan lempuyang dengan jenis Zingiber Zerumbet atau dikenal dengan istilah lempuynag gajah bisa dijadikan sebagai lalapan. Namun dunia kesehatan, terdapat beberapa manfaat lempuyang berikut ini :
  1. Mampu Meredakan Demam
Demam yang terjadi pada anak dapat menyebabkan kejang jika tidak ditangani secepatnya. Untuk itu sebaiknya menggunakan lempuyang sebagai obat tradisional yang dapat meredakan panas karena kandungan zat anti kejang didalamnya. Sama halnya dengan manfaat lobak putih yang berguna untuk meredakan demam, manfaat lempuyang ini akan meredakan demam yang juga mengandung parasetamol.
2. Mampu Menambah Nafsu Makan
Lempuyang mempunyai kandungan yang hampir sama dengan temulawak dimana dengan mengkonsumsinya dapat meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan yang menurun tidak boleh diremehkan begitu saja karena dengan kurangnya asupan nutrisi dan vitamin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi maka anda mempunyai presentasi terkena gangguan kesehatan lain.
3. Mampu Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker
Kandungan yang terdapat pada lempuyang ini mampu menginduksi sel kanker yang akan tumbuh pada didalam tubuh. Sel-sel kanker yang diinduksi akan terhambat pertumbuhannya bahkan tercegah sehingga anda akan terhindar dari ancaman penyakit kanker yang sangat berbahaya.
Kemudian terdapat manfaat lainnya untuk mencegah sel kanker tumbuh:
4. Mampu Mengatasi Penyakit Diare dan Disentri
Pada rimpang tanaman lempuyang terdapat beberapa kandungan yang sangat efektif membantu gejala diare bahkan disentri. Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan tubuh ini rawan menyerang anak-anak, dewasa bahkan lansia.
5. Mampu Melangsingkan Tubuh
Tubuh yang langsing dan ideal tentu menjadi dambaan setiap orang tak terkecuali kaum pria sekalipun. Kandungan yang terdapat dalam lempuyang mampu membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar sehingga proses pembakaran lemak menjadi lebih maksimal. Selain itu, manfaat daun salam juga dapat menutunkan berat badan yang juga mengandung banyak gizi yang terkandung didalamnya guna membersihkan usus yang terhambat lemak.
6. Mampu Mengobati Batuk Rejan
Batuk rejan merupakan gangguan kesehatan yang sangat mengganggu aktivitas bukan? Breikut cara pengolahan lempuyang untuk mengobati batuk rejan. Pertama campurkan rimpang lempuyang dengan bawang merah yang telah dipanggang atau dibakar dan kayu manis lalu tumbuk dan peras hingga mengeluarkan cairan yang nantinya akan diminum.
7. Mampu Mengatasi Rematik
Kaki merupakan bagian tubuh yang dapat mengalami gangguan kesehatan berupa rasa pegal berlebih yang disertai dengan rasa ngilu pada tulang kaki. Cara mengolahnya yakni dengan mencampur rimpang lempuyang dengan cabe jawa yang telah dilumatkan lalu ditambah dengan campuran nasi kering. Berbagai macam komposisi tersebut dicampur hingga merata lalu tempelkan pada kaki atau bagian tubuh yang merasa sakit.
8. Mampu Mengalami Iritasi Kulit Akibat Alergi
Ketika mengkonsumsi suatu makanan bagi sebagian orang akan mengalami gangguan masalah pada kulit akibat alergi. Untuk itu perlu diobati menggunakan obat tradisional yang berbahan lempuyang. Pertama, iris tipis bagian rimpang lempuyang pahit lalu seduh seperti teh lalu minum secukupnya secara teratur hingga gejala alergi mereda.
9. Mampu Mengatasi Gejala Darah Rendah
Tubuh yang mengalami gejala darah rendah akan menghambat pekerjaan sehari – hari dimana tubuh akan terasa lemas bahkan pandangan kabur yang akan berujung pada kondisi tidak sadar atau pingsan. Kandungan yang terdapat dalam lempuyang dapat menambah jumlah trombosit dalam darah.
Pertama, parut rimpang lempuyang wangi kemudian campurkan dengan gula dan air, lalu rebus hingga mendidih. Minuman ini dapat diminum 3 kali sebanyak satu sendok makan dalam satu hari.
10. Mampu Mengobati TBC
Penyakit TBC merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh lagi karena gejala dan efeknya pada kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu sebaiknya mengobatinya menggunakan obat tradisional dengan menggunakan lempuyang sebagai bahan utama. Kandungan didalamnya dapat menetralisir racun didalam tubuh.
Pertama, ambil satu genggam akar lempuyang wangi yang telah dicuci bersih kemudian potong dan rebus menggunakan lima air bersih. Setelah itu minum dengan takaran tiga gelas dalam satu hari.
11. Mampu Mengobati Malaria
Ketika tubuh mengalami gejala terjangkit penyakit malaria maka sebaiknya obati menggunakan rimpang lempuyang yang dikombinasikan dengan tanaman lain. Pertama siapkan satu ruas lempuyang yang sudah dihaluskan lalu tambahkan satu cangkir perasan nanas dan garam secukupnya. Minum dengan takaran setengah gelas dalam satu hari untuk menambah daya tahan tubuh.
Untuk mengobati dari penyakit malaria ini, terdapat tumbuhan lain yaitu, manfaat buah langsat, manfaat daun afrika, manfaat daun johar, dan masih banyak lagi tumbuhan bermanfaat lainnya.

12. Mampu Mengatasi Masuk Angin

Daya tahan tubuh yang melemah dapat menyebabkan masuk angin yang akan menghambat kinerja tubuh secara maksimal. Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, dapat juga menggunakan lempuyang sebagai obat herbal yang dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnnya untuk meningkatkan manfaatnya.
Pertama ambil rimpang lempuyang wangi yang telah dicuci bersih lalu diparut dan diperas.hasil perasan tadi kemudian disaring dan tambahkan dua sendok madu dalam setengah gelas air matang dalam suhu yang hangat. Minum dua kali sehari secara teratur hingga kondisi tubuh membaik.
13. Mampu Mengobati Kaki Bengkak Pasca Melahirkan
Bagi wanita yang telah melewati masa kehamilan dan mengalami proses melahirkan akan mengalami bengkak pada kaki. Namun keadaan atau gejala ini tidak selamanya terjaadi pada semua wanita yang baru saja melahirkan. Untuk mengatasinya, sebaiknya buatlah ramuan dari lempuyang untuk mengembalikan keadaan kaki pada kondisi normal serta menghilangkan bengkak.
Pertama ambil rimpang lempuyang dan cabe jawa lalu lumatkan dengan sedikit air. Peras menggunakan kain lalu hasil perasan tersebut diminum dengan takaran yang sesuai. Untuk lebih mengoptimalkan efek lainnya pasca melahirkan, manfaat daun sirih juga dapat digunakan untuk perawatan lainnya setelah melahitkan yang dipercaya dapat menjadi antiseptik alami bagi tubuh.
14. Mampu Mengatasi Gejala Ambien
Ambien merupakan gangguan kesehatan yang berbahaya jika tidak ditangani secepatnya. Untuk menghindari dampak negatif dari gejala tersebut sebaiknya gunakan lempuyang untuk meredakan gejalanya. Pertama, ambil ¾ ruas rimpang lempuyang yang telah dicuci bersih lalu parut. Kemudian tambahkan dua sendok makan air matang dan garam dengan takaran sedikit. Minum hasil perasannya dua kali dalam satu hari dengan takaran satu sendok makan.

Saran Penggunaan Lempuyang

Diatas telah dijelaskan menganai manfaat lempuyang dan beragam kandungan yang terdapat didalamnya. Karena berragamnya kandungan pada lempuyang ini maka terdapat berragam manfaat juga didalamnya. Cara pembuatan obat tradisional yang menggunakan lempuyang sebagai bahan dasarnya juga tergolong mudah bagi masyarakat awam sekalipun.
Meskipun penggunaan tanaman lempuyang ini tidak mempunyai efek samping penggunaan namun kita tetap harus memerhatikan jumlah atau takaran dari lempuyang yang kita konsumsi supaya tehindar dari dampak negatif yang mungkin terjadi. Hal ini tentu demi kebaikan dan menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Berikut ini saya rangkumkan contoh beberapa penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi lempuyang, beserta cara membuat ramuannya.
Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-lempuyang-bagi-tubuh
Jenis Penyakit
Cara Membuat Ramuan
Kurang nafsu makan
Ambil 150 gr rimpang lempuyang.
Cuci hingga bersih lalu parut hingga halus.
Rebus parutan tadi dengan 2500 cc air hingga airnya tinggal setengahnya.
Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambah gula merah.
Saring terlebih dahulu sebelum diminum.
Air rebusan lempuyang dapat diminum 3 kali sehari cukup 1 sendok makan.
Kaki bengkak habis melahirkan
Rimpang lempuyang, cabai jawa, dicuci bersih.
Beri air secukupnya, kemudian lumatkan dengan blender.
Saring dengan kain bersih, kemudian minum 2-3 kali sehari 150ml.
Ambil 3/4 jari lempuyang, cuci bersih, kemudian diparut.
Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam.
Peras, lalu minum airnya 2 kali sehari, 1 sendok makan.
Masuk Angin
Ambil 10 gram rimpang lempuyang wangi.
Cuci kemudian parut rimpang lempuyang.
Peras, kemudian hasil saringan tadi ditambah 2 sendok makan madu
dan 1/2 gelas air panas.
Aduk dan minum dua kali sehari pagi dan sore sampai masuk anginnya reda.
Anemia
Lempuyang dicuci tanpa dikupas kulitnya.
Parut dan tabahkan gula aren secukupnya.
Rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa hanya 1 gelas saja.
Setelah dingin minum sekaligus. Ulangi hingga beberapa kali.
Alergi Udang & Ikan Laut
Iris tipis-tipis rimpang lempuyang, seduh seperti dengan air panas, kemudian diminum setiap hari hingga gejala alergi hilang
Encok
Rimpang lempuyang ditumbuk, lalu campur dengan minyak kelapa dan abu dapur.
Ramuan ini juga digunakan untuk megobati bengkak-bengkak di badan.
Cara pemakaiannya dengan mengoleskan ramuan pada bagian yang bengkak.
Sumber: http://www.tanobat.com/lempuyang-ciri-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar